IT : Jelajah Situs Islam, Selami Makna Ramadhan

Ya Allah SWT, sesungguhnya telah datang bulan Ramadhan . Ya Allah SWT, Tuhan pemilik bulan Ramadhan. Engkau turunkan di dalamnya Al-Quran, Engkau jadikan Al-Quran penjelasan petunjuk antara yang hak dan yang batil. Ya Allah SWT berkatilah kami di bulan Ramadhan ini. bantulah kami untuk melakukan shaum dan shalat di dalamnya dan terimalah amal ibadah kami.

Ramadhan tahun ini telah kembali bersama kita, puji syukur kehadirat ilahi yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk merasakan bulan yang agung dan penuh barakah ini.
Bulan Ramadhan merupakan saat dimana kaum muslimin kembali diberikan kesempatan untuk memperbaiki diri, baik dari pelaksanaan ibadah kepada Allah SWTsekaligus juga pemahaman tentang dienul Islam ( red—Agama Islam).

Ramadhan adalah bulan dimana diturunkannya kitab suci Al Quran, kitab yang menerangi jalan kehidupan ummat manusia disepanjang masa. Dalam bulan suci Ramadhan itulah, Allah SWT menurunkan kitab sucinya kepada Rasul penutup ( Muhammad SAW)  yang menyempurnakan kitab-kitab yang diturunkan kepada Rasul dan ummat sebelumnya.

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk (hudan) bagi manusia, penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu (bayyinat) dan pembeda (furqan) (antara haq dengan bathil).” (QS. al-Baqarah [2] : 185)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa al-Quran diturunkan oleh Allah SWTsebagai petunjuk bagi manusia yang mengimaninya dan merupakan dalil-dalil (argumentasi) yang jelas dan tegas bagi mereka yang memahaminya. Terlepas dari kebathilan dan kesesatan serta merupakan pembeda antara yang haq dengan bathil, halal dengan haram (Lihat : Tafsirul Quranil ‘Azhim,I, halaman 269).

Selain itu bulan Ramadhan adalah bulan yang disetiap waktunya penuh dengan kemuliaan, diantaranya adalah Ramadhan membentuk pribadi seorang mukmin yang taat secara totalitas kepada Allah SWTserta Rasulullah Muhammad SAW. Pribadi-pribadi yang taat dalam seluruh aspek kehidupan yang diperintahkan ataupun yang dilarang-Nya. Sehingga ia mampu menjalankan ajaran Islam secara kaffah (menyeluruh) baik dalam hal aqidah maupun syariat seperti hukum tentang ibadah, pemenuhan kebutuhan biologis, kemasyarakatan, politik, ekonomi, budaya, pemerintahan dan lain sebagainya.

Mengingat begitu penting dan mulianya bulan Ramadhan ini, tentunya kita tidak ingin Ramadhan kali ini berlalu begitu saja tanpa ada sesuatu makna yang dapat kita pahami. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk kembali memahami makna Ramadhan yang suci ini, baik secara perorangan maupun secara jamaah (bersama-sama). Secara berjamaah, kita bisa melakukan hal itu langsung melalui berbagai kelompok kajian tentang Islam (Halaqah), mengikuti pendidikan pesantren kilat (Sanlat) atau kelompok-kelompok pengajian lainnya.

Namun selain melalui cara diatas, kita juga dapat memahami makna Ramadhan melalui berbagai macam media, baik media cetak maupun elektronik secara perorangan. Melalui media cetak, kita bisa dapatkan hal tersebut melalui Majalah, Koran, Tabloid dan lain-lain. Sedangkan melalui media cetak elektronik kita dapat memperoleh informasi tersebut melalui Televisi, Radio dan Internet. Melalui media elektronik seperti, Televisi dan Radio, setiap orang sudah mengetahuinya, namun jika melalui media Internet barangkali masih merupakan hal yang baru bagi sebagian ummat Islam di Indonesia.

Tahukah anda, bahwa melalui Internet kita dapat memperoleh informasi yang kita butuhkan setiap saat ? termasuk jika kita ingin mempelajari atau mendalami makna Ramadhan. Banyak jalan menuju Roma, demikian kata pepatah, begitu pula dengan Ramadhan. Banyak jalan untuk memahami makna Ramadhan. Melalui Internet, kita dapat menemukan banyak situs yang menyajikan informasi tentang Islam. Saat ini banyak pengelola situs yang menampilkan kajian khusus seputar  Ramadhan, baik pengelola dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Kita dapat menjelajah situs-situs mengasyikan yang mengupas tentang makna Ramadhan, disana kita dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan. Bahkan kitapun dapat berinteraksi (diskusi, dialog, ngobrol) dengan rekan-rekan yang tengah menjelajah situs tersebut. Beberapa pengelola situs Islam yang dikelola oleh orang Indonesia, antara lain adalah http://www.republika.co.id dengan edisi khusus Ramadhannya; http://www.myquran.com, situs hijau menyejukkan dengan portal lengkapnya; eramuslim.com dengan news dan rubrik interaktifnya;  http://www.al-islam.or.id dengan berbagai artikelnya yang selalu up todate.

Sedangkan beberapa pengelola situs Islam yang berasal dari luar Indonesia, diantaranya adalah http://www.al-islam.com, yakni sebuah portal lengkap menampilkan informasi tentang Islam, dalam situs ini dapat menjelajahnya dengan memilih bahasa yang anda inginkan, seperti Bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Turki, Melayu dan Indonesia; http://www.ramadan.co.uk, situs ini dimiliki oleh muslimin di negara Inggris, menampilkan informasi komunitas muslim di Inggris;  http://www.islam-online.net, sebuah situs yang juga menampilkan berita (breaking news) tentang dunia Islam, selain itu dalam situs yang “motori” oleh ulama besar Dr. Yusuf Qardawi ini mengupas berbagai persoalan kehidupan dalam perspektif Islam; http://www.Iqra.net, sebuah situs sejuk dari Afrika, berisi informasi menarik, berbagai salawat dan qasidah, artikel, Maulid Simtud-Duror, teks lengkap Ratib Al-Attas, dan lain-lain; http://www.islam.org, sebuah situs menarik yang menyediakan berbagai fasilitas (multimedia), dalam situs ini anda dapat mendownload lantunan ayat suci Al-Quran serta menikmati informasi audiovisual lainnya.  Bila anda menguasai bahasa arab http://www.mhrab.com  ini adalah situs yang cukup lengkap, anda akan dapat menikmati isi yang ditampilkan oleh pengelola situs ini.

Sebetulnya masih banyak situs-situs Islam menarik lainnya yang dapat kita kunjungi dalam rangka mempelajari makna Ramadhan ini. Kini dengan hadirnya Internet, mudah-mudahan dapat kita jadikan  4 S kita (sahabat setia setiap saat)  dalam membantu kita memperoleh informasi tentang keutamaan Ramadhan. Selamat menjelajah.****(ute/november2001)

About ujanghidayatute

Penulis
This entry was posted in Novel. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s