KESEHATAN: Senang dan Sehat dengan Berjalan Kaki

Adakah Anda meluangkan waktu disaat istirahat dari kesibukan beraktifitas seperti bekerja atau belajar untuk sekedar berjalan dan melihat alam sekitar ?. Sebuah hal yang menyenangkan bila kita bisa melakukan aktifitas yang memberikan suasana segar bagi mata lahir dan bathin. Banyak ragam aktifitas yang bisa dilakukan dalam mengisi hari libur kita, seperti berwisata ke tempat hiburan bersama keluarga, tempat bersejarah, museum, pergi ke pantai, ke gunung atau lokasi lainnya yang menyenangkan.

Bila kita ingin mengunjungi lokasi yang lumayan jauh dari tempat tinggal tentu memerlukan waktu yang cukup untuk menikmatinya. Lain halnya kalau kita melakukan perjalanan pendek namun menyenangkan dan memberi nuansa baru dalam keseharian kita tanpa menunggu waktu khusus. Apabila kita tak punya cukup waktu untuk berwisata yang memerlukan perjalanan jauh, tentu saja bukan berarti kita tidak bisa membuat hati kita senang dan segar. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat pikiran kita jernih dan hati menjadi senang, seperti dengan berjalan-jalan mengitari lokasi perkampungan, kawasan perkebunan (tea walk), perbukitan dan gunung yang tak jauh dari kita.

Berjalan kaki mengitari kawasan-kawasan yang jarang dilewati atau bahkan mungkin sama sekali belum pernah kita lewati ternyata sangat menyenangkan dan terkadang mampu memberikan inspirasi. Melakukan perjalanan dengan berjalan kaki selain menyenangkan ternyata menyehatkan bagi tubuh kita. bagi sebagian orang (mungkin) berwisata dengan berjalan kaki tidak terlalu menyenangkan bahkan cepat melelahkan. Namun perlu diketahui bahwa dengan berjalan kaki, semua organ tubuh luar secara serempak bergerak secara teratur dan berirama. Gerakan kedua kaki dan tangan yang saling bergantian secara seimbang ternyata menyimpan sejuta filosofis bagi kita bahwasannya kekuatan kaki dalam mendaki dataran tinggi dan menuruni dataran rendah harus diimbangi dengan gerakan kedua tangan, sehingga tubuh mampu berjalan dalam keadaan tegak dan kokoh.

Belum lagi dengan organ tubuh lainnya seperti paru-paru dan jantung yang berirama secara alami mengikuti pergerakan langkah kaki sehingga badan terasa hangat, meskipun berkeringat namun menyehatkan.

Dengan seringnya berjalan kaki ternyata memberikan keuntungan bagi kesehatan jantung kita sebagai organ penting  dalam tubuh. Kita ketahui bahwa jantung berfungsi sebagai alat pemompa darah keseluruh tubuh. Setiap menit jantung akan memompa 4,5 liter darah keseluruh tubuh, sehingga dalam sehari jantung kita memompa kurang lebih 6.480 liter darah ( sejenak kita bayangkan bila satu truk tangki berisi 5000 liter minyak, maka sebanyak itulah jantung kita memompa darah setiap harinya) sedangkan darah merupakan cairan terpenting yang menghidupi setiap organ-organ tubuh kita. Di dalam tubuh manusia terdapat kurang lebih 5 liter darah yang terus menerus mengalir keseluruh tubuh. Dikatakan juga bahwa berat jantung manusia hanya sekitar 250 sampai dengan 340 gr, sedangkan berat tubuh yang harus diberi darah sekitar 60 hingga 100 kg, dengan demikian betapa berat dan kerasnya jantung kita bekerja. Dalam keadaan istirahat saja, jantung kita berdenyut kurang lebih 70 kali dalam tiap menit, berarti 4.200 kali dalam satu jam. Meskipun kita dalam keadaan tidur, jantung tetap bekerja. ( dikutip dari buletin yang diterbitkan Bagian Penerangan Yayasan Jantung Indonesia).

Perlu diketahui selain hal manfaat bagi jantung, ternyata dengan sering berjalan kaki mampu mengurangi kelebihan berat (over weight) badan, karena  dengan berjalan selama beberapa menit disertai kecepatan pasti dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan saat kita hanya duduk dan menonton TV.

Manfaat lain yang bisa kita peroleh dari seringnya berjalan kaki mengitari lingkungan dan kawasan yang menyejukkan mampu menggugah hati dan pikiran. Sebagai makhluk sosial, kita membutuhkan proses interaksi dengan alam sekitar beserta makhluk sosial lainnya. Diantara hal yang kita peroleh dengan mengamati alam sekitar yakni :

1.    Perasaan syukur atas apa yang kita miliki bahwasannya Allah SWT memberikan kedua kaki yang normal untuk bisa berjalan.
2.    Memiliki sepasang mata yang tajam untuk melihat alam sekitar.
3.    Diberikan anugerah yang berharga karena masih bisa menghirup dan menikmati udara segar.
4.    Dapat berjumpa dan bertegur sapa dengan orang-orang yang belum kita kenal, setidaknya untuk sekedar berbagi senyum.

Ingin merasakan manfaat berjalan kaki ? mengapa tidak dimulai saat ini juga. (.******( Ujang Hidayat ::Ute 13/02/05)

About ujanghidayatute

Penulis
This entry was posted in Novel. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s