IT : Perang Opini dalam Dunia Maya

Informasi aktual seputar perkembangan politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain sebagainya didunia ini masih merupakan bagian menarik dari sisi kehidupan ummat manusia dimanapun berada. Ruang dan waktu tidak lagi menjadi hambatan dalam memperoleh informasi aktual. Internet yang merupakan bagian dari media informasi paling cepat dan luas jangkauannya digunakan pula untuk membentuk opini dunia. Terlepas dari siapa orang-orang yang mengendalikan dan misi yang diembannya, perang opini telah berlagsung dengan hebatnya.

Ilmu jurnalistik sebagai bagian dari kehidupan semakin berkembang pesat dalam praktiknya dan mengambil peran strategis dalam pemberitaan. Sayangnya, distorsi informasi kerap menjadi bumbu dalam memutar balikkan fakta. Melalui media online di Internet, situs-situs yang menyajikann berita (Breaking News) diberbagai belahan dunia dengan bebasnya menampilkan informasi sesuai “keinginannya”. Sebagai salahsatu contoh, anda bisa membandingkan sebuah informasi yang sama kejadiannya, ketika anda membaca dari media yang berbeda. CNN.com media Online sebagai salahsatu situs paling laris dikunjungi netter ketika dengan gencarnya memberitakan peristiwa penghancuran gedung World Trade Center (WTC) 11 September lalu, seolah-olah menjadi sebuah media yang “adil” dalam pemberitaan. Betulkah CNN telah menyajikan informasi yang netral ? Sekelompok pemilik sebuah media tak bisa begitu saja dikatakan sebagai pengelola media informasi yang netral. Kebenaran informasi kini tak lagi menjadi patokan utama dalam pemberitaan, melainkan pembentukan opini dunia yang harus dimunculkan.

Lalu bagaimana kita menyikapi hal tersebut ? jawabannya adalah kita tidak dapat menjadikan sebuah media yang menayangkan informasi tersebut sebagai satu-satunya media yang memiliki informasi tersebut. Perbandingan perlu kita lakukan, sebagai upaya cek dan ricek (ketelitian).

Bagi para pengguna internet yang selalu mengikuti perkembangan informasi terakhir di dunia barangkali tidak terlalu asing dengan situs media online yang menampilkan berita seperti CNN.com, ABC.Com, Times.com dan sejumlah media lainnya.

Seluruh negera memunculkan versi berita menurut kepentingan masing-masing, bahkan terkadang digunakan untuk membangkitkan emosi dan menggiring opini publik. Salah satu peristiwa yang paling terlihat adalah pemberitaan sebuah kejadian atau peristiwa dalam sebuah negara, dimana hal tersebut dipublikasikan secara besar-besaran oleh media dari negara lain yang berkepentingan (apalagi oleh negara yang bersangkutan).

Barangkali tidak berlebihan jika kita mengatakan sebuah media berperan lebih aktif dan cepat dari pada pengadilan. Jika kita renungkan kembali sebuah upaya penggiringan opini terhadap penunjukan secara dini terhadap kelompok Osama bin laden dalam kasus tragedi 11 September 2001, Hal tersebut telah menjadi sebuah bukti bahwa media informasi ikut berperan dalam mengadili dan memunculkan perang baru, termasuk salahsatunya melalui internet.

Lalu apakah dengan adanya pemberitaan yang bombardir oleh media “barat dan sekutunya” terhadap contoh kasus diatas tidak ditanggapi oleh “rivalnya” ? tentu saja tidak. Perang opini dalam dunia maya semakin seru, pendukung dan kelompok-kelompok yang “membela” Osama bin laden sebagai sebuah simbol semakin bermunculan. Kita dapat saksikan media informasi yang menyajikan sebuah berita dengan versi yang berbeda, seperti Islam-online.net, islamcity.com, iap.com dan lain sebaginya.

Jelas sekali, perang dalam dunia maya telah berlangsung dengan serunya. Lalu bagaimana dengan kita yang ingin memperoleh kebenaran informasi tentang perkembangan di dunia ini ? jawabannya adalah sejauhmana kita dapat melihat seobjektif mungkin tentang pemberitaan sebuah peristiwa dengan disertai hati nurani, dengan kata lain bukan bukan dilandasi dengan rasa kebencian terhadap kaum tertentu. Selamat menjelajah.****(ute/30/12/01)

About ujanghidayatute

Penulis
This entry was posted in Novel. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s