Ingin Memiliki Website yang Menarik?

Kemudahan mengakses suatu informasi dalam berbagai aktivitas saat ini merupakan hal yang sangat diperlukan. Apapun profesi maupun status sosial dalam masyarakat, informasi menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Mencari informasi atau menyebarkan dapat diperoleh dan digunakan melalui berbagi media, baik itu media cetak maupun elektronik. Televisi, Radio, Majalah, dan Koran telah sejak lama dikenal masyarakat luas, biasanya jika kita menginginkan sebuah informasi tertentu kita harus selalu siap didepan televisi atau radio, sedangkan melalui majalah dan koran maka kita harus mendapatkannya alias tidak kehabisan edisi yang beredar saat itu.

Lalu bagaimana jika kita bermaksud untuk menyebarkan informasi yang kita miliki baik itu berupa informasi bisnis, pelayanan kepada masyarakat luas atau informasi lainnya.
Media elektronik seperti Televisi, memang memiliki dampak yang cukup ampuh dalam menyebarkan informasi, tetapi pengorbanan untuk bisa menyampaikan informasi melalui media tersebut bukanlah harga yang murah.

Biaya yang mahal akan menanti kita seiring hitungan detik yang diperlukan untuk sebuah informasi yang kita miliki. Lalu alternatif lain yang bisa dipilih melalui media apa?Internet ,bisa menjadi salah satu alternatif dari sekian pilihan. Melalui jaringan dunia maya kita bisa memperoleh berbagai keuntungan yang bisa didapatkan, baik itu biaya yang dikeluarkan maupun jangkauan dari informasi yang ingin kita sebarluaskan.

Guna memiliki sebuah website yang kita inginkan, terlebih dahulu kita harus memahami tentang masksud dan tujuan kita memiliki sebuah situs yang kita bangun. Website yang akan kita miliki harus jelas terlebih dahulu sebelum kita menayangkannya secara online dan diakses semua orang dari
berbagai penjuru. Persoalannya sekarang adalah, bagaimana agar memiliki website yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita gunakan sebagai informasi awal sebelum kita membangun sebuah website.

– Buatlah perencanaan terlebih dahulu (blueprint), Hal ini berguna untuk menentukan website seperti apa yang akan kita bangun termasuk unsur-unsur apa saja yang dibutuhkan untuk ditampilkan dalam website kita.

– Buatlah analisis tentang isi (content) website kita, Ini merupakan bagian terpenting sebelum membangun situs. Kita harus menentukan apa yang akan kita tuangkan dalam website kita, sehingga informasi yang kita tampilkan betul-betul dapat “dinikmati” oleh para pengunjung ketika sedang menjelajah website kita.

– Patuhi kode etik dalam penyajian informasi, pengutipan atau pengambilan sebuah informasi sah-sah saja dilakukan dengan catatan tetap menghormati pemilik sumber informasi tersebut. Jika informasi sudah ditayangkan melalui website, itu sama halnya dengan informasi tersebut sudah menjadi info dunia.

– Berkonsultasilah kepada orang-orang yang memahami bidang ini, seperti praktisi dari perusahaan penyedia jasa desain dan pengembangan website yang mudah kita jumpai. Bertanya kepada yang ahli dalam bidang tersebut (webmaster) akan sangat menolong kita, begitu pula jika kita sering bertukar pikiran dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang ini,
Hal ini akan sangat berguna manakala kita menemui kendala pada saat membangun sebuah website. Sebaiknya jika menemui masalah, cari lah informasi dan solusinya secepat mungkin.

– Kenalilah Prinsip penggunaan Hyper Text Markup Language (HTML). Bahasa HTML dan pendukungnya, dengan demikian akan lebih baik jika kita bisa menguasainya dengan baik. Memang untuk menguasai penggunaan bahasa HTML ini memerlukan keseriusan, ketelitian dan semangat yang kuat untuk bisa memahaminya. Namun kita tidak perlu khawatir, saat ini banyak sekali program yang memberikan kemudahan, salah satu program yang dapat membantu kita membangun sebuah web adalah program editor HTML seperti Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamweaver, Interdev dan lain-lain. Dengan improvisasi dan cita rasa seni yang kita miliki, melalui program tersebut kita bisa memiliki tampilan web yang menarik.

– Sajikan situs kita untuk pengunjung. Sesuatu yang berbeda dan unik selalu menjadi perhatian, begitupula halnya dengan sebuah website.

– Kreasikan web kita seapik mungkin sehingga kita bisa memperoleh komunitas pembaca yang kita tuju. Pengunjung akan menjadi barometer menarik atau tidaknya web kita, terutama jika kita akan membangun sebuah web dalam dunia yang memiliki banyak “pemain” dan bertujuan bisnis. Berbeda halnya dengan web yang kita rancang hanya bertujuan sebagai penyampai informasi tanpa mengharapkan keuntungan finansial darinya.

– Perhatikan kemudahan akses terhadap web kita supaya memudahkan pada saat pengunjung membuka (load) halaman web kita, terutama jika kita ingin menampilkan animasi seperti flash dan lain sebagainya. Perhatikan pula bahwa di dunia luar sana terdiri jutaan manusia di depan PC yang beragam spesifikasinya. Akan menyulitkan mereka yang mengakses website kita jika PC yang mereka gunakan termasuk dibawah standar dari syarat untuk mengakses website kita, seperti meloading tampilan animasi flash dan sejenisnya.

– Advanced web tools, ini diperlukan jika kita menginginkan web yang kita bangun ingin lebih interaktid dengan para pengunjung. Beberapa web tools yang bisa kita tambahkan untuk web kita seperti CGI script, asp.Net, php dan lainnya.

– Tentukan “tempat mangkal” yang kita pilih untuk web kita, jika kita merancang sendiri web yang kita inginkan maka, langkah selanjutnya adalah memilih tempat mangkal yang bisa dijadikan tempat menyimpan file web kita supaya bisa diakses oleh komputer klien. Ada dua cara yang bisa kita pilih, pertama adalah dengan menyimpannya pada sebuah situs yang diberikan secara gratis, misalnya tripod.com, freeserver.com, geocities.com dan lain-lain. Salah satu kekurangannya jika kita memilih fasilitas yang gratis ini antaralain kapasitas yang terbatas, nama domain (domain name) yang panjang dan memiliki embel-embel tertentu (misal : http://dindaku.tripod.com, http://www.geocities.com/akang dan lain-lain). Kedua, kita dapat menyimpannya pada sebuah perusahaan penyedia jasa desain web dan hosting web. Untuk pilihan kedua, kita perlu menanyakan lebih lanjut tentang hak yang kita peroleh dan kewajiban yang perlu kita penuhi, termasuk kepemilikan nama domain. Persyaratan kepemilikan nama domain sebuah web tergantung dari jenis yang dipilih.

– Kita bisa memperoleh domain yang terkategori Global Top Level Domain (GTLD) seperti .com, .net, .org, .edu atau Country Top Level Domain (CTLD) seperti co.id, .net.id, ac.id (untuk negara Indonesia). Selain itu, jumlah kapasitas penyimpanan yang diberikan dengan biaya tertentu perlu kita ketahui dari awal. Untuk pilihan yang kedua ini, kita perlu memperhitungkan secara matang mengenai biaya awal yang dikeluarkan dan kemungkinan biaya yang dikenakan pada periode selanjutnya untuk pemeliharaan dan sewa.

– Promosikan website kita semaksimal mungkin. Supaya mudah dikenali oleh masyarakat luas, gunakan berbagai cara untuk mempromosikan website yang kita miliki. Mempromosikan website kita kepada setiap orang yang kita temui akan sangat membantu upaya lainnya seperti menginformasikan melalui koran, majalah, radio, stiker, menjadi sponsor dalam berbagai event dan hal lainnya. Alamat website (uniform resource locator) saja tidak cukup untuk mengenalkan website kita, perlu ada upaya lain supaya website kita dikenal oleh masyarakat. Langkah yang bisa kita lakukan antara lain seperti, pertukaran banner (banner exchange), aliansi strategis lainnya, terlibat dalam berbagai mailling list (millist) dengan membonceng website yang kita miliki. Jika hal-hal demikian kita lakukan dengan baik, kita akan bisa menarik jumlah pengunjung ke website kita.

– Perhatian dan pemeliharaan (Maintenance) yang baik terhadap website yang kita miliki merupakan faktor penting dalam memelihara pengunjung agar tetap setia terhadap website kita. Informasi yang ditampilkan perlu diperhatikan agar keaktualannya tetap terjaga. Sudah menjadi kewajaran bila pengunjung meninggalkan website kita manakala informasi disajikan sudah basi atau tidak up to date.

– Terbuka dalam menerima saran maupun kritikan, keterbukaan kita sebagai pemilik maupun pengelola terhadap berbagai kritik, saran, masukan, protes maupun hal lainnya akan sangat membantu guna perbaikan isi, tampilan maupun fasilitas yang ada dalam website kita. Halaman untuk suara pembaca bisa menjadi bahan masukan dan evaluasi terhadap keberadaan kualitas website kita.

– Lengkapi dengan sarana mesin hitung pengunjung, fasilitas ini akan sangat membantu dalam mengetahui seberapa besar jumlah pengunjung yang singgah ke website kita. Ini diperlukan untuk mengukur seberapa jauh manfaat informasi yang bisa kita berikan kepada masyaratkat. Demikian sekilas informasi seputar persiapan dalam mengelola sebuah website, semoga bermanfaat.***

* Penulis : Ujang Hidayat

About ujanghidayatute

Penulis
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s